Mazda CX-30 2020 : SUV Berdimensi Compact Terbaru Dari Mazda

Dalam gelaran Geneva Motor Show (GMS) 2019, pabrikan asal Jepang, Mazda memperkenalkan SUV terbarunya CX-30. Produk terbaru dari Mazda ini akan mengisi celah diantara Mazda CX-3 dan CX-5. Seperti apa desainnya dan bagaimana spesifikasinya? Inilah review Mazda CX-30 2020.

PENGANTAR MAZDA CX-30 2020

Review Mazda CX-30 2020 – Berbicara soal Mazda sepertinya memang tidak bisa lepas dari model SUV. Di Indonesia saja, produk SUV lebih lengkap dibandingkan lainnya seperti CX-3, CX-5 dan CX-9. Melihat potensi SUV yang masih besar dan permintaan yang semakin tinggi, membuat pabrikan Jepang ini memperkenalkan produk SUV terbarunya di GMS. Mazda CX-30 resmi diperkenalkan dan mengisi celah antara CX-3 dan CX-5. Direncanakan mobil ini akan mulai dijual pada akhir tahun 2019. Program Manager CX-30, Naohito Saga mengatakan SUV terbarunya ini disasarkan ke konsumen yang masih lajang atau baru menikah dan memulai kehidupan baru. Menariknya, sebelum resmi diperkenalkan, Mazda CX-30 santer dikabarkan akan menggunakan nama CX-4. Tapi ternyata Mazda tidak memakai nama tersebut.

Nama CX-4 sudah digunakan pada pasar otomotif Cina dengan dimensi yang mirip dengan CX-5

Ada sebabnya mengapa Mazda tidak menggunakan nama CX-4 dan memilih CX-30. Ternyata CX-4 sudah digunakan pada pasar China yang mempunyai dimensi sama dengan CX-5. Menghindari kebingungan pasar akan nama yang sama, Mazda pun memilih CX-30 sebagai produk SUV terbarunya tersebut yang akan dipasarkan secara global. Lantas bagaimana dengan teknologi yang disematkan? Mesin apa yang digunakannya? Meskipun belum diketahui apakah akan dipasarkan di Indonesia, tidak ada salahnya kami dari Cintamobil.com mengulas lebih dalam produk SUV terbaru dari Mazda ini dalam review Mazda CX-30 2020.

EKSTERIOR MAZDA CX-30 2020

Review Mazda CX-30 2020 : Eksterior Depan

Tampilan depan Mazda CX-30 2020 berkarakter dengan desain KODO khas Mazda yang memberi kesan elegan

Sejak diperkenalkan pada tahun 2010, desain KODO – Soul of Motion yang menjadi andalan produk Mazda membuatnya tampil berkarakter. Hal itu kembali diterapkan pada Mazda CX-30 yang membuatnya tampil elegan tetapi terlihat berani. Gril yang berukuran besar dipadu lis berwarna silver pada bagian bawah dan menyambung hingga lampu utama.

Bentuk lampu yang pipih dan sudah mengadopsi teknologi LED diklaim membuat Mazda CX-30 2020 mempunyai penerangan lebih baik

Lampu utama pada CX-30 mempunyai desain yang elegan juga fungsional. Sudah mengadopsi LED dengan teknologi projector yang membuat visibilitas lebih baik ketika berkendara pada malam hari. Gaya desain khas Mazda CX-30 ini dibuat lebih tajam dengan kontur pada bumper depan yang lebih solid dengan lek Gaya desain khas Mazda CX-30 ini dibuat lebih tajam dengan kontur pada bumper depan yang lebih solid dengan lekukan yang membuatnya terlihat dinamis.

Review Mazda CX-30 2020: Eksterior Samping

Tampilan samping dari Mazda CX-30 2020 terlihat cukup panjang dan ada aura coupe

Bila bagian depan terlihat elegan seperti sedan, saat beralih ke samping kesan SUV dengan dimensi yang compact lebih terlihat. Aura coupe juga telrihat dengan pilar D yang tidak terlalu lebar dan berlekuk. Meski begitu SUV ini terlihat cukup panjang dengan dimensi mencapai 4.395 mm namun mempunyai ketinggian yang rendah hanya 1.540 mm.

Mazda CX-30 2020 bila dilihat dari samping terlihat dinamis meski dalam keadaan diam

Ukuran dimensi tersebut membuat Mazda CX-30 tampak samping terlihat compact. Aura SUV terpancar dari warna hitam yang mengeliling mobil mulai dari bumper depan menyambung ke fender hingga belakang. Lekukan pada fender membuatnya terlihat berotot sehingga kuat akan aura SUV. Kemewahan coba dipancarkan melalui lis krom yang dimulai dari ujung jendela depan hingga ke pilar D.

Review Mazda CX-30 2020: Eksterior Belakang

Fender yang lebar membuat Mazda CX-30 2020 terlihat melebar dan mewah

Dilihat dari belakang, pada pilar C terlihat menyempit dengan atap belakang yang dibuat cukup tegak. Lampu pipih pada bagian belakang membuatnya terlihat modern dan sudah mengadopsi LED. Kaca belakangnya tidak terlalu luas tapi juga tidak terlalu kecil. Cukup untuk visibilitas melihat kondisi belakang mobil.

Bentuknya yang pipih dibuat senada dengan lampu depan Mazda CX-30 2020 dan juga sudah menggunakan LED

Ada lekukan tipis pada bagian kanan-kiri pintu bagasi yang mengarah ke bumper belakang. Aksen hitam pada bumper belakang yang besar membuatnya terlihat kokoh layaknya SUV. Disamping bumper terdapat reflektor pipih yang sejajar dengan dua knalpot yang terletak pada sisi kanna-kiri bumper. Pipa knalpot berkelir krom membuat Mazda CX-30 terlihat mewah.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR MAZDA CX-30 2020

Review Mazda CX-30 2020: Dashboard & Setir

Dasbor dan setir pada Mazda CX-30 2020 terlihat modern dan mewah dengan warna hitam dipadu coklat

Masuk ke kabin, desain dasbor dari Mazda CX-30 2020 mirip dengan Mazda3 terbaru. Meski begitu ada sedikit perbedaan pada bagian atasnya yang diberi tambahan seperti bantalan berwarna coklat dan menyambung hingga door trim pintu depan. Layar head unit sebesar 8,8 inci dibuat mencuat pada tengah dasbor sehingga memberi kesan futuristik.

Tombol pada palang setir untuk mengontrol multimedia dan juga mengaktifkan beberapa fitur pada Mazda CX-30 2020

Setir palang 3 membuatnya terlihat sporty dengan garis tegas dan simentris pada kanan dan kiri. Lis berkelir silver terlihat pada palang bagian bawah. Sedangkan pada palang kanan-kiri ada banyak tombol dengan fungsinya masing-masing. Seperti mengatur volume speaker, mengganti tampilan MID di panel instrumen dan juga beberapa fitur berkendara seperti cruise control.

Review Mazda CX-30 2020: Jok

Jok kulit dengan warna putih diterapkan pada Mazda CX-30 2020

Mazda CX-30 mampu menampung 5 orang penumpang. Kesan mewah coba dikedepankan oleh Mazda dengan memilih warna putih untuk bagian jok untuk memberi kesan eksklusif. Meski belum diketahui material apa yang melapisi jok Mazda CX-30, namun berkaca pada CX-3 dan CX-5 yang sudah memakai kulit, hampir pasti CX-30 juga sudah mengaplikasikan bahan kulit untuk setiap jok.

>>> Baca juga:

FITUR MAZDA CX-30 2020

Review Mazda CX-30 2020: Fitur Berkendara

Mazda akan menyematkan fitur i-Activ AWD pada Mazda CX-30 2020

Salah satu ciri khas produk Mazda adalah fitur yang berlimpah. Pada Mazda CX-30, untuk fitur berkendaranya sudah menggunakan i-Activ AWD yang mampu mendeteksi beban vertikal pada keempat roda. Hal ini ditujukan untuk mengatur distribusi torsi antara roda depan dan belakang. Hasilnya akan meningkatkan traksi dan cengkraman ban yang lebih baik dan membuatnya semakin menyenangkan untuk dikemudikan.

Fitur i-Activ AWD Mazda membuat Mazda CX-30 2020 mampu melalui jalanan licin seperti salju dan menanjak

Selain fitur canggih i-Activ AWD, Mazda CX-30 juga sudah dibekali fitur terkini yakni G-Vectoring Control Plus yang bisa membuat laju berkendara lebih mulus dan konsumsi bahan bakar yang efisien. Selain itu fitur ini memungkinkan mobil untuk mengontrol stabilitas ketika pengemudi melakukan manuver untuk menghindar secara darurat. Hal ini membuat pengemudi semakin percaya diti untuk mengontrol mobil tetap pada jalurnya.

Review Mazda CX-30 2020: Fitur Keselamatan

Mazda CX-30 2020 disematkan fitur i-Activsenser untuk keselamatan

Fitur keselmatan juga menjadi hal penting untuk Mazda dengan menyematkan i-Activsense. Salah satu yang ada di dalam paket fitur keselamatan tersebut adalah Mazda Driver Monitoring. Menggunakan kamera inframerah dan LED inframerah, fitur ini bisa mengamati kondisi pengemudi saat sedang berjalan dengan memantau seberapa lebat mata pengemudi terbuka. Tidak hanya itu, fitur ini juga bisa menghitung berapa kali mata berkedip dan melihat sudut mulut dan wajah untuk menentukan tingkat kantuk atau kelelahan pengemudi.

Salah satu fitur keselamatan pasif pada Mazda CX-30 2020 adalah pemakaian rangka berbahan baja kuat yang mampu meyerap energi saat terjadi benturan

Fitur keselamatan yang dihadirkan pada Mazda CX-30 pun tidak melulu canggih atau dengan sistem elektrik. Keselamatan pasif berupa rangka yang terbuat dari 30% baja berkekuatan tinggi membuatnya lebih aman. Selain itu struktur pilar B dari sisi kekuatannya dan tingginya juga diklaim mampu menahan benturan secara efektif. Selebihnya ada airbag pada lutut pengemudi yang menjadi standar pada versi globalnya. Airbag lutut ini mambantu mengurangi cidera pada kaki, dada dan perut pengemudi.

>>> SUV Berdesain Sporty, Inilah Tips Lengkap Membeli Mazda CX-5 Bekas

OPERASI MAZDA CX-30 2020

Mazda CX-30 akan hadir dalam dua pilihan mesin yakni bensin dan diesel. Mesin generasi terakhir Skyactiv-X akan diadopsikan pada Compact SUV ini dengan teknologi SPCCI (Spark Plug Controlled Compression Ignition). Adapun SPCCI adalah sebuah metode pembakaran yang untuk dengan menggabungkan kinerja mesin bensin namun dengan respon mesin yang seperti mesin diesel.

Mazda CX-30 2020 menggunakan mesin dengan teknologi terbaru bernama Skyactiv-X

Untuk kapasitas mesinnya, diprediksi akan menggunakan 2.000 cc yang dipadu dengan transmisi 6-percepatan manual atau otomatis sebagai opsi. Pada mesin bensin juga akan hadir dengan sistem hybrid baru Mazda dengan penggerak tambahan listrik. Mazda akan menggunakan baterai lithium-ion 24V 600kJ untuk fitur hybrid tersebut. Sayangnya Mazda belum merilis secara rinci tenaga maksimum dan torsi maksimum pada SUV terbarunya tersebut.

>>> Cintamobil.com Telah Sukses Membantu Penjual dan Pembeli Mobil di Indonesia

SPESIFIKASI MAZDA CX-30 2020

Penasaran seperti apa info spesifikasi Mazda CX-30 2020? Silakan cek informasinya berikut ini.

Mesin Mazda CX-30 2020
Tipe Mesin Skyactiv-X
Isi Silinder 2.000 cc
Tenaga Maksimum 148 HP / 6000 rpm (Prediksi)
Torsi Maksimum 192 Nm / 2800 rpm (Prediksi)
Transmisi Skyactiv 6-Speed AT atau MT
Bodi Mazda CX-30 2020
P x L x T 4.395 x 1.795 x 1.540 mm
Wheelbase 2.655 mm
Kaki-kaki Mazda CX-30 2020
Rem Depan / Belakang Disc Brake / Disc Brake
Velg R18

KELEBIHAN & KEKURANGAN MAZDA CX-30 2020

Seperti apa kelebihan dan kekurangan Mazda CX-30 2020 menurut sudut pandang Cintamobil.com? Silakan cek informasi tabel berikut ini.

Kelebihan Kekurangan
Desain mewah dan berkarakter khas Mazda Belum diketahui berapa tenaga dan torsi maksimumnya
Mesin canggih dengan teknologi Skyactiv-X Tidak ada sunroof yang bisa membuatnya terlihat lebih mewah
Interior mewah dengan paduan tiga warna, hitam, putih dan merah

DAFTAR HARGA MAZDA CX-30 2020

Berikut ini adalah harga Mazda CX-30 2020 yang Cintamobil.com mendapat. Harga yang menarik untuk kompetisi pasar SUV yang semakin ramai.

Tipe mobil Harga Mazda CX-30
Mazda CX-30 GT (Soul Red Crystal) Rp 518.800.000
Mazda CX-30 GT (Machine Grey) Rp 522.800.000
Mazda CX-30 Touring (Soul Red Crystal) Rp 478.800.000
Mazda CX-30 Touring (Machine Grey) Rp 482.800.000

>>> Updatelah harga dan promo mobil Mazda lainnya di sini

VIDEO MAZDA CX-30 2020

KESIMPULAN MAZDA CX-30 2020

Langkah Mazda meluncurkan CX-30 menurut kami cukup tepat. Pasar SUV yang semakin diminati namun bodi yang lebih compact menjadikannya calon bintang baru. Desain KODO yang semakin tegas membuatnya terlihat menarik dari berbagai sisi. Lekukan tipis pada tiap sisinya membuat mobil ini terlihat cantik. Interiornya pun terasa mewah dengan perpaduan warna yang unik walaupun bukan selera banyak orang. Warna hitam yang mendominasi dipadu warna putih atau abu-abu pada jok membuatnya terlihat eksotis. Namun warna merah pada tambahan bantalan di dasbor bukan selera banyak orang.

Mengisi celah diantara Mazda CX-3 dan CX-5, Mazda CX-30 akan menjadi opsi SUV menarik untuk pasar otomotif global

Teknologi canggih menjadi identitas Mazda dalam setiap produknya. Fitur-fitur mumpuni seperti i-Activsense membuat mobil ini lebih aman dan membuat pengemudi percaya diri. Sementara fitur berkendaranya i-Activ AWD juga menjadikan CX-30 diyakini lebih menyenangkan dan mengasyikkan saat dikendarai dan bermanuver. Ditambah teknologi canggih pada mesin Skyactiv-X yang membuat Mazda CX-30 kian asyik untuk dikendarai. Sayangnya Mazda belum merilis secara rinci spesifikasi lengkap serta harganya.

Leave comments

Your email address will not be published.*



You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Back to top